MEMPERBAIKI : COMPILE ARDUINO YANG LAMBAT

Halo Kawan,

Kali ini saya akan berbagi tips mengenai masalah compile arduino yang tiba-tiba lambat”.

Seberapa lambat sih yang jadi masalah disini??, saya asumsikan (berdasarkan pengalaman saya) yakni >30 detik, untuk file sederhana seperti ‘blink’ pada contoh library, yg biasanya <7detik.

Berapa rekor lambat yang pernah penulis alami?, yaaa..  sekitar 150 detik (2m30s). haha… cukup bikin jengkel bukan?

Apakah lambat disini termasuk ‘tidak pernah selesai’ atau ‘error‘ ?,saya kira disini saya tidak akan membahas itu, namun jika ada kesempatan akan saya ulas pada postingan lain.


Oke langsung saja ya, ini beberapa tips apabila kalian mengalami masalah lambat dalam meng-compile program pada Arduino IDE. Kkalian bisa lakukan salah satu dari Solusi Berikut :

  1.  Buat Exception List pada antivirus kalian untuk arduino, (biasanya Avast), atau…
  2. Replace file ‘rxtxSerial.dll’ pada folder arduino yang kalian gunakan, dengan yg telah di modifikasi (link di sini), atau…
  3.  Matikan Bluetooth komputer kalian , atau…
  4.  Download Arduino IDE terbaru, atau…
  5.  Coba Arduino Versi Installer (diinstall di windows).

Cara-cara diatas saya tulis dengan singkat. Namun akan saya jelaskan satu persatu apabila kalian tidak mengerti. Berikut Penjelasannya :

Cara1: Antivirus seringkali memonitor (scan) setiap gerak-gerik program yang berjalan, baik program aktif yang maupun sedang background. Oleh karenanya ketika arduino meng-compile code yang kita buat, setiap langkah pengubahan code dari high level language (arduino-ide) menjadi low level language (hex file) akan diperiksa. Sehingga bisa dibayangkan lambatnya. Untuk mengatasinya silahkan mengecualikan folder arduino kalian dari proses scan antivirus. Untuk Avast 2015, buka Pengaturan>Proteksi Aktif>Proteksi File System>Penyesuaian>Exclusions, lalu tambahkan alamat folder arduino kalian disana. Untuk Antivirus yang tidak punya fitur exclusion, paling kalian cuma bisa non-aktifkan sementara ketika sedang otak-atik code arduino.

Cara2: Pada beberapa komputer, ada masalah tumpang tindih antara pengaturan COM port serial pada OS dengan fitur serial pada arduino (dalam file ‘rxtxSerial.dll’) yang dibahas johngineer pada blognya. Cukup ganti file rxtxSerial.dll bawaan arduino, dengan file yang telah di modifikasinya (Link disini). Dengan file hasil modifikasinya, mengurangi terjadinya masalah tersebut.

Cara3: Sama dengan cara 2 Pada beberapa komputer, ada masalah tumpang tindih antara pengaturan COM port serial Bluetooth pada OS dengan fitur serial pada arduino. Dengan mematikan bluetooth, mengurangi terjadinya masalah tersebut.

Cara4: Arduino IDE yang terbaru pastinya akan mengoreksi bug yang ada pada versi sebelumnya. Bug yang ada mungkin saja berpengaruh pada salah satu komponen compilernya dengan beberapa file java, .net, extension, atau program aplikasi lainya yang terinstall pada komputer kalian. Sehingga menggunakan versi terbaru mungkin akan mengatasi masalah kalian.

Cara5: Agak mirip dengan konsep alasan pada cara 4. Namun penyebabnya karena arduino-IDE kalian generik, tidak diinstall maka kemungkinan bentrok dengan program lain akan semakin besar, dan beberapa gangguan dengan program lain yang sedang berjalan. Dengan arduino yang diinstall maka OS akan mengatur dan memprioritaskan program yang terdaftar pada list management applicationnya. (mungkin saya agak sok tau ya.. hehe)


 

Oke, Sekian saja paparan dari saya. Semoga membantu mengatasi masalah kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s